Apa itu mAh dan Ah ?

Kalau kita membeli baterai, khususnya baterai isi ulang, maka sering
kita melihat nilai 1000mAh, 3600mAh dan sebagainya. Tapi apakah arti
dari nilai tersebut?
Baiklah sekarang akan kita uraikan satu per satu, Ah adalah kependekan
dari Ampere-hour dan mAh adalah mili ampere-hour atau seperseribu
Ampere-hour.
Jadi 1000mAh berarti 1Ah, 1Ah berarti baterai mampu menyuplai beban 1
Ampere selama 1 jam.
Sedangkan satuan ampere dapat disederhanakan menjadi C/s atau Coulomb
per second.
1 Ah = 1 C/s-h = 1x3600 C/s-s = 3600 Coulomb muatan pada baterai.
Tegangan baterai umumnya adalah 1,5V sehingga baterai dapat mensuplai
1,5 W selama 1 jam atau 3 W selama 1/2 jam.

18 komentar:

iniakubukankamu mengatakan...

thanks info nya gan....

saya rencana mau ganti aki/batrai lampu emergency saya karena sudah ngedrop. ukuran aki/batrai aslinya yaitu 4V/2AH. saya mau ganti dengan aki/batrai yang berkapasitas 3,7V/4AAH, kira2 ada pengaruh nggak nantinya di lampu emergency saya. mungkin lampunya cepat panas atau gimana gan?? mohon sarannya


salam

Governor Sablon mengatakan...

Lampu jadi agak redup karena teg dikasih turun ke 3.7v tapi nyala bs lebih lama saat pln padam karena ha nye lbh tinggi..

jon smeat mengatakan...

Gan bleh nanya ngk?
Jadi gini saya ada satu kasus yaitu mau ngisi bterai..
Jadi apa pengaruh saat tgangan tinggi, arus rendah. Dan sebaliknya saat tegangan rendah, arus tinggi.
Mkasih gan..

Unknown mengatakan...

saya mau ngecas batery 70ah dengan carger 6amper 12 bisa ga...

Unknown mengatakan...

saya mau ngecas batery 70ah dengan carger 6amper 12 bisa ga...

Unknown mengatakan...

Apakah menambah capacitor dapat memperpanjang umur aki?

Bnyk product voltage stabiliser yg mengclaim aki lbh awet stlh menggunakan produk mereka.

Apakah Ah naik dan Resistance turun artinya kondisi aki lebih baik?

Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Saya mau ganti baterai di sepeda listrik baterai sepeda listrik berkemampuan 48v 20Ah mau saya ganti dengan baterai imr 18650 yg berkemampuan 3,7v 3500mah rencana baterai mau saya seri sejumlah 13 biji bisa atau gk ya??? Trs nanti baterai yg saya seri itu berkapasitas berapa volt dan berapa Ah

Unknown mengatakan...

Gan mau tanya nih maksud dari 4v4ah/20h pada baterai itu artinya apa ya?

Anonim mengatakan...

Saya mahu tukar bateri motosikal saya YTX9-BS 8.4Ah (20hr) 135(CCA) kepada YT12A-BS 10.5Ah (20hr)175(CCA). Apakah ini akan membuatkan motocycle saya memberikan kesan yang tak bagus suatu hari nanti?.

Unknown mengatakan...

Berapa ampere yang di ininkan inink proses pengisian kalau accu itu 12v - 70ah dan berapa lama proses pengisianya

Unknown mengatakan...

Yang di ijinkan mngsudnya... Tolong kasih tau jawabannya

Bisri HY mengatakan...

Saya kira gak ngaruh karena kapasitas baterai itu rata rata 3.6 sampai 4.2 kalau kondisi ful
Jika pengen maksimal bisa dipararel secukupnya dengan tempat baterai

Bisri HY mengatakan...

Kalau tegangan tinggi melewati kapasitas kemampuan baterai bisa rusak
Kalau arus rendah itu lebih baik cuma agak lebih lama

Bisri HY mengatakan...

Biasanya ada keterangan di aki tersebut
Bisa pakai 7Amper keatas
Pengisian kalau tujuh amper bisa 10jam lebih
Untuk mengetahui kondisi ngisi bisa pakai amper meter

Bagas Risky mengatakan...

Kalo headphone bluetooth kap battery nya 45mah bisa buat berapa lama ya?

Unknown mengatakan...

Apa arti 12 volt dan apa arti 5 ah???

Majhid mengatakan...

Cara rangkai dari aki 10ah menjadi stop kontak untuk pengisian baterai AA ni cd bagaimana yah gan??baterai AA yg dipakai sekitar 2000mah..agar cepat pengisian apa hrs pakai power suply??jika pakai power suplay apa tetap hrs memakai inverter??tolong di bantu gan..sy msh blm paham

Anonim mengatakan...

Diakali aja abngku, menyala abangku 🔥