Manajemen Follow Pada Twitter

Yang menarik dari twitter adalah kemampuan microbloggingnya, yang hampir seperti gabungan antara facebook dan RSS. Kita dapat mengikuti kegiatan seorang artis, pejabat maupun teman kita, seringkali informasi terbaru dapat kita dapatkan lebih cepat melalui twitter. Namun ada kalanya kita terlalu banyak mengikuti orang dan kita bingung melihat timeline home kita yang menjadi penuh belum lagi jika kita memfollow akun yang sering sekali mengupdate twitter seperti detik dan kompas.
Oleh karena itu twitter menyediakan list. List adalah fitur agar kita dapat memisahkan orang yang kita follow menjadi kategori tertentu, mirip seperti fitur circle pada Googleplus. List dapat dibuka pada hampir semua twitter client namun sayang pengaturannya tetap harus dari situs twitter.
Untuk menambah atau membuat list kita bisa masuk ke twitter.com, dari halaman home kita klik halaman profile kita maka akan muncul tampilan seperti berikut
halaman home
halaman profile
Dari halaman profile kita klik following yang kemudian akan menampilkan daftar akun yang kita follow.Jika kita klik halaman list maka tampilan akan muncul seperti dibawah ini, yaitu masih kosong karena belum ada list yang dibuat.

halaman list yang masih kosong
Dari halaman following kita klik ikon bergambar manusia di sisi kanan akun yang kita follow dan pilih add or remove from list.
opsi yang muncul
Klik create new list dan buat judul sesuai kategori yang diinginkan, untuk contoh ini saya membuat list Teman Kuliah. Setelah itu klik tanda centang untuk memasukkannya dalam kategori tersebut.
memasukkan kategori
Mudah sekali bukan, ini memudahkan anda untuk mengkategorikan timeline sesuai kebutuhan informasi anda, jika anda mengikuti berita anda bisa membuat kategori berita, jika mengikuti motivator anda bisa membuat kategori inspirasi atau lainnya tergantung selera anda :)

Tidak ada komentar: