Menghemat daya baterai menggunakan laptop-mode

Seringkali orang berkomentar bahwa menggunakan linux di laptop lebih boros baterai dibandingkan menggunakan windows. Kalau menurut saya pendapat tersebut bisa benar bisa juga salah. Benar karena linux menggunakan 100% resource dari hardware laptop, sehingga response terhadap load cepat namun di satu sisi ketika 100% namun tidak ada load maka itu akan menghabiskan daya baterai. Salah karena itu dapat diatasi dengan aplikasi bernama laptop-mode-tools.
laptop-mode-tools berfungsi mengendalikan hardware agar mampu memahami kondisi laptop apakah tengah menggunakan baterai atau menggunakan daya AC lalu memilih resource apa yang akan digunakan. Ketika menggunakan AC akan lebih baik menggunakan 100% resource sehingga responsive, dan ketika menggunakan baterai kita dapat memilih beberapa pilihan :
  1. performance membuat CPU bekerja pada kecepatan maksimum sehingga lebih responsif
  2. powersave membuat CPU bekerja pada kecepatan minimum sehingga menghemat daya
  3. userspace kita dapat memilih berapa kecepatan yang diinginkan, bisa disebut ini mode manual 
  4. ondemand ketika tidak ada load maka CPU berada pada kecepatan minimum, namun segera menjadi maksimum ketika ada load
  5. conservative frekuensi CPU akan meningkat perlahan ketika ada load
Selain dengan mengatur CPU, beberapa fungsi USB, network dan putaran harddisk juga ditangani oleh aplikasi ini.
Untuk menginstall aplikasi ini bisa dicari di package manager masing - masing distro, karena saya menggunakan sabayon maka paket yang saya gunakan adalah entropy
Install dan tunggu sebentar, lalu baca pesan yang muncul di progress tab. Disitu diinstruksikan bagi kita untuk melakukan sendiri tahapan untuk menjalankan laptop-mode-tools.
Instruksi tersebut antara lain bertujuan agar kita menyertakan laptop-mode pada /etc/init dan menjalankannya. Untuk melakukan settingan kita dapat membuka pada /etc/laptop-mode .

# /etc/init.d/laptop_mode start
# rc-update add laptop_mode default

Untuk lebih detailnya dapat dibaca di situs Gentoo Power Management
Pada gambar di bawah ini dapat terlihat bahwa untuk Core-I3 processor 330M dengan maksimum frekuensi 2.13GHz dan minimum frekuesi 933MHz kecepatan saat ini adalah kecepatan minimum yang digunakan, yaitu 933MHz. Sedangkan mode governor yang dipakai adalah ondemand, yaitu segera mencapai kecepatan maksimum ketika ada load.

Tidak ada komentar: