Cloud Storage Menggunakan LibreOffice dan Google Document / Zoho

Sekarang sudah era cloud dimana cloud computing hingga cloud storage sudah menjadi bagian sehari – hari. Dimulai dengan server yahoo dan google yang tersebar di seluruh dunia namun tetap dapat diakses menggunakan satu domain saja. Kini pengguna Android pun dapat memanfaatkan fasilitas cloud storage ini. Ada banyak pilihan untuk menyimpan file di internet, dimulai dari era Rapidshare, Megaupload dan Indowebster yang sayangnya kini mulai tumbang akibat SOPA. 
Masuklah era cloud storage seperti Box, UbuntuOne, Windows Live storage dan Dropbox. Google pun berencana menyediakan jasa cloud storage gratis. Google document meskipun hanya dapat menyimpan file

document juga dapat dijadikan alternatif cloud storage.


Menggunakan extensions google document untuk LibreOffice, pengguna dapat menyimpan dan mengedit document yang disimpan di google document.





Extensions merupakan plugin untuk menambah kemampuan LibreOffice sehingga menjadi lebih powerful.

Cari dahulu extensions untuk google document di http://extensions.libreoffice.org/extension-center. Setelah mengunduh extensions untuk google document buka Tools → Extensions Manager lalu Klik Add untuk menambahkan extensions yangsudah di unduh sebelumnya.

Jika berhasil maka LibreOffice akan meminta untuk merestart aplikasi (bukan merestart linux, restart setelah install hanya ada di windows).





Maka akan muncul tampilan seperti diatas, berupa floating window dengan opsi import dan export google document maupun zoho. Klik import document dan isikan username serta password google anda, lalu
klik get list. Jika anda pernah menyimpan document di google doc, maka file tersebut akan muncul.





Selamat, anda sudah masuk dalam era cloud :)


Tidak ada komentar: